About Me

Cara Install dan Pakai Bootstrap Terbaru Secara Offline

Gambar Bootstrap
Sumber: techcofees.com 

Bootstrap adalah open-source framework front-end yang bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web. Framework ini berisi template desain berbasis HTML dan CSS untuk tipografi, formulir, tombol, navigasi dan komponen antarmuka lainnya, serta juga ekstensi opsional JavaScript. Sederhananya, Bootstrap itu adalah alat yang memudahkan kita dalam proses styling css. 

Dengan bootstrap, kita bisa lebih mudah dan cepat dalam proses pembuatan sebuah website. Misalnya, jika kita ingin membuat sebuah tombol berwarna merah saja kita harus styling css macem-macem mulai dari warna, ukuran dan lain-lain. Tapi ketika menggunakan bootstrap kita hanya harus menuliskan.

<a href="link.com" class="btn btn-danger">Tombol</a>

Hasilnya seperti ini,



Sedangkan untuk mengatur besar tombol kalian hanya harus menambahkan btn-sm untuk tombol kecil atau btn-lg untuk tombol besar di dalam class <a> seperti ini.

<a href="link.com" class="btn btn-danger btn-sm">Tombol</a>

Semudah itu, dan itu juga hanya sebagian kecil dari banyak hal berkaitan dengan CSS yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan Framework Bootstrap. Untuk mengetahui apa saja yang bisa kamu lakukan dengan bootstrap kamu bisa langsung mengunjungi dokumentasi bootstrap di bagian Komponen Bootstrap.


Baca juga : Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang HOAX

Cara Install Bootstrap Secara Offline

1. Untuk install/menggunakan bootstrap secara offline kalian memerlukan file dari bootstrap. Untuk mendownloadnya silahkan klik link Download Bootstrap 4.3.1 ZIP

2. Ekstrak file .zip yang telah di download di folder index/project kalian.

3. Panggil file bootstrap di project kalian di bagian <head>(seperti memanggil file css)

<link rel="stylesheet" type="text/css" href="css/bootstrap.min.css">


Nah, mulai sekarang kalian bisa dengan mudah menggunakan fitur-fitur dari bootstrap secara offline atau tanpa jaringan internet. Tapi perlu diingat bahwa file bootstrap yang telah kalian instal tidak termasuk file JavaScript dan JQuery. Tapi, dengan file css nya saja pun, kalian sudah bisa melakukan banyak hal ribet dengan simpel yang berkaitan dengan css menggunakan Bootstrap. Karena banyak programmer yang menggunakan Bootstrap didalam project yang mereka buat.

Sekian artikel saya kali ini tentang Instalasi Bootstrap Secara Offline, apabila ada kesalahan penulisan dan kosakata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika ada hal yang kurang jelas atau kritik dan saran, langsung saja kalian corat-coret kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Post a Comment

1 Comments