About Me

Kuliah Gratis, Lulus Langsung Jadi PNS! Mau?

sumber: dream.co.id
Kuliah menjadi tujuan selanjutnya bagi para siswa SMA/sederajat. Banyak anak SMA yang belum tau akan meneruskan kemana setelah selesai menjalani masa SMA. Banyak dari mereka yang berbondong-bondong untuk masuk ke perguruan tinggi negeri atau PTN, baik melalui jalur SNMPTN/SBMPTN. Mereka berjuang mati-matian demi bisa masuk PTN yang diinginkan. Banyak diantara mereka yang gagal akhirnya memutuskan untuk masuk ke perguruan tinggi swasta.
Namun, di jaman sekarang ini menjadi seorang sarjana baik itu lulusan PTN atau swasta sekalipun bukanlah sebuah jaminan untuk mendapat pekerjaan dengan mudah. Banyak sekali sarjana-sarjana yang melamar kerja sana-sini namun tetap saja ditolak.

Nah, oleh karena itu kali ini saya akan memberitahu kalian semua tentang PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan. PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan adalah sebuah lembaga pendidikan yang diselenggrakan pemerintah melalui lembaga/kementrian tertentu. Dimana apabila kita diterima, pendidikan yang kita jalani gratis alias tidak berbayar. Bahkan ada beberapa yang memberi uang saku kepada para mahasiswa setiap bulannya.

Enak sekali bukan? tapi tentu saja untuk diterima di PTK tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali orang yang bercita-cita untuk diterima di PTK. Tak ayal, setiap tahunnya pendaftar Perguruan Tinggi Kedinasan bisa mencapai ratusan ribu orang. Dan hanya beberapa orang saja yang diterima.

Berikut beberapa diantarannya :

1. Politeknik Keuangan Negara STAN(PKN-STAN)
Sumber: id.near-place.com


Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau PKN STAN adalah Perguruan Tinggi Kedinsan yang berada di lingkup Kementrian Keuangan RI. Kampusnya terletak di Bintaro, Tangerang Selatan(Kampus Ali Wardhana). Sampai saat ini PKN STAN masih menjadi PTK terfavorit dibanding PTK lainnya.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sumber: harga.id

Sekolah tinggi ini bernaung di bawah BPS (Badan Pusat Statistik) Republik Indonesia, lulusan dari STIK nantinya angkat diangkat menjadi pegawai negara sipil di Badan Pusat Statistik. Untuk kmau yang memiliki minat dan bakat di bidang statistik kamu bisa daftar di STIS. Lokasi STIS sendiri berada di Jakarta.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara


Sumber: himastsn.wordpress.com
Sekolah ikatan dinas yang ke tiga ialah Sekloah Tinggi Sandi Negara atau STSN, adalah sekolah kedinasan yang diadakan oleh Lembaga Sandi Negara. Lokasi sekolahnya berada di kota hujan yaitu Bogor, Jawa Barat. Di sekolah ini kamu harus menempuh bidang studi sebanyak 145 SKS dan harus selesai selama 4 tahun. STSN memiliki dua program studi yaitu program studi manajemen persandian dan program studi teknik persandian. Program studi teknik persandian mempunyai dua bidang minat yaitu teknik rancang bangun peralatan sandi dan teknik kripto.

4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Sumber: pikiran-rakyat.com
Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN ini berlokasi di Jatinangor, Jawa Barat. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri, dimana lulusannya nantinya akan menjadi PNS di Kemendagri. Untuk kamu yang ingin masuk ke sekolah ini, kamu harus memiliki persiapan yang matang, baik itu fisik maupun psikis.

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika


Sumber: stmkg.ac.id
Sekolah ini berada di bawah naungan BMKG (Badan Meteorologi Kilamtologi dan Geofisika). STMKG berlokasi di Tangerang. Kamu bakalan fokus belajar mengenai fenomena alam yang terjadi di bumu khususnya bumi Indonesia, seperti cuaca, gempa, iklim, dan yang lainnya. 

Nah, itulah beberapa sekolah ikatan dinas atau PTK yang ada, sebenarnya ada banyak. Tetapi saya hanya memberikan beberp yang terbaik. Jadi, jika anda merasa mampu untuk bersaing, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar. Apabila nanti gagal, jangan menyerah. Terus berusaha dan selalu iringi dengan doa. 

Terimakasih sudah mampir, apabila ada komentar, kritik, maupun saran silahkan corat coret dibawah.

Sumber refernsi: https://luthfan.com/sekolah-ikatan-dinas/

Post a Comment

0 Comments