Sumber gambar : Dokumen Pribadi |
Bagaimana Cara Membuat Lean Canvas atau Model Business Canvas? Dan seperti apa sih Contoh Lean Canvas atau Model Business Canvas? Tenang saja pada artikel kali ini saya akan menjelaskan semuanya.Tapi sebelumnya apa sih Lean Canvas/Model Business Canvas itu? Lean Canvas/Model Business Canvas adalah gabungan panel-panel yang terdiri dari Problem, Solution, Key Metrics dll. Yang merupakan unsur-unsur yang bisa kita gunakan untuk menganalisa bisnis yang akan kita buat. Atau bisa dibilang menurut saya sih ini hampi mirip-mirip sama S.W.O.T. Lalu apa sih maksudnya dari problem, solution dkk? Dan bagaimana cara mengisinya? Langsung saja simak penjelasan saya di bawah ini.
PROBLEM
Apa itu Problem?
Bisa dibilang didalam problem itu adalah tempat kita untuk menuliskan permasalahan yang ingin kita selesaikan menggunakan produk kita.
Saya ambil contoh misalnya saya membuat applikasi untuk membayar jajan menggunakan fitur QR Code dan membayar SPP sekolah melalui aplikasi. Maka permasalahan yang ingin saya selesaikan menggunakan produk saya adalah seperti gambar di atas.
EXISTING ALTERNATIVES
Apa itu Existing Alternatives?
Existing alternatives adalah alternatif lain jika pelanggan tidak menggunakan produk kita. Misalnya kita ambil contoh produk Go-Jek maka untuk mengisi existing alternative nya kita bisa menggunakan pertanyaan "Apabila Go-Jek tidak ada, maka pelanggan akan pakai alternatif apa?". Maka existing alternativesnya bisa kita isi dengan naik ojek pangkalan, grab, dan transportasi umum seperti bis.
SOLUTION
Apa itu Solution?
Solution adalah solusi yang kita tawarkan dari produk kita. Apa yang pelanggan bisa dapatkan dengan menggunakan produk kita?
KEY METRICS
Apa itu Key Metrics?
Key metrics adalah langkah-langkah yang harus ditempuh pelanggan untuk mendapatkan service/produk dari kita.
UNIQUE VALUE PROPOSITION
Apa itu Unique Value Proposition?
Unique Value Proposition adalah nilai lebih atau nilai plus produk kita dibandingkan produk lainnya.
HIGH-LEVEL CONCEPT
Apa itu High-Level Concept?
High-Level Concept adalah kalimat singkat yang bisa menjelaskan produk kita. Usahakan kita menjelaskan dengan kata kata yang sesedikit mungkin tapi bisa mencakup semua deskripsi produk kita.
UNFAIR ADVANTAGE
Apa itu Unfair Advantage?
Unfair Advantage adalah keunggulan atau kelebihan bisnis kita yang tidak bisa atau sulit sekali ditiru oleh orang lain. Bisa dibilang Unfair Advantage adalah sesuatu yang spesial dari produk kita, ciri khas produk kita.
Apa itu Channels?
Channels adalah cara kita untuk mendistribusikan produk kita atau cara memasarkan produk kita kepada para pelanggan.
CUSTOMER SEGMENT
Apa itu Customer Segment?
Customer Segment adalah pelanggan yang kita targetkan menggunakan atau membeli produk kita.
EARLY ADOPTERS
Apa itu Early Adopters ?
Yang harus kita isi pada early adopters adalah kira-kira pelanggan mana yang kiranya akan sering menggunakan produk kita.
COST STRUCTURE
Apa itu Cost Structure?
Cost Structure adalah list biaya yang harus kita keluarkan dalam menjalankan sebuah bisnis.
REVENUE STREAMS
Apa itu Revenue Stream?
Revenue Stream adalah sumber pendapatan dari bisnis kita atau apa yang kita ambil dari pelanggan.
Nah itu tadi adalah artikel mengenai Cara dan Contoh Membuat Lean Canvas atau Model Business Canvas. Mohon maaf apabila penjelasan terlalu singkat atau tidak jelas. Apabila ada kritik saran atau pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca, sampai jumpa di artikel saya berikutnya.
0 Comments