About Me

Contoh Laporan Kunjungan Industri yang Baik dan Benar

Sumber gambar: gopena.net

Kunjungan Industri adalah merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran diluar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan serta untuk melihat langsung bagaimana suasana/kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing. Kunjungan Industri biasanya dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan atau Perguruan Tinggi yang biasannya diiringi juga dengan kegiatan liburan.

Tapi setelah melakukan kunjungan industri dan liburan para siswa/mahasiswa biasanya dibebankan satu tugas setelahnya yaitu membuat Laporan Kunjungan Industri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan satu contoh Laporan Kunjungan Industri milik saya sendiri yang kebetulan waktu itu saya berkunjung di PT. Omadata Surabaya. Langsung saja simak dibawah ini.


HALAMAN COVER(MENYESUAIKAN)

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
SMK NEGERI 1 WONOSOBO

Setelah diadakan peninjauan dan melalui tahap perbaikan maka laporan kunjungan industri ini telah disetujui dan disahkan oleh pihak SMK Negeri 1 Wonosobo pada :
Hari                 : ......................................................
Tanggal           : ......................................................
Nama Siswa    : ......................................................

Kelas               : ......................................................





Ketua Paket Keahlian                                                                               Sekretaris Paket Keahlian




Sunarto, S.Pd                                                                                             Siti, S.Pd



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga laporan ini bisa terlaksana. Shalawat serta salam senantiasa penulis sampaikan kepada Rasulullah SAW. Pembawa rahmat seluruh alam.
Terselesainya laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis berterima kasih banyak kepada:
1.      Drs. Joko Sriwidadi, MM, selaku Kepala SMK Negeri 1 Wonosobo
2.      Drs. Gendut Waskito Utomo, M.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang HUMAS
3.      Taufik Muhamad Rizal, ST, selaku Ketua Kompetensi Keahlian bidang Rekayasa Perangkat Lunak
4.      Azizah Munawaroh, S.Kom, selaku Sekretaris Kompetensi Keahlian bidang Rekayasa Perangkat Lunak
5.      Bapak dan ibu guru yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan.
6.      Kedua orang tua dan adik yang selalu memberikan doa, bantuan, dan dukungan.
7.      Teman-teman yang selalu memberikan semangat dn dukungan.

Penulis sangatlah menyadari hasil penulisan ini masih sangatlah jauh dari sempurna. Oleh karena itu, semua saran dan kritik akan diterima dengan penuh keterbukaan. Akhirnya, Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat.






Wonosobo,    Januari 2019

Penulis



                         



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada dasarnnya, semua siswa diharapkan untuk memiliki pengetahuan lebih dan wawasan di masa perkembangan era globalisasi yang pesat ini. Menambah pengetahuan dan wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara melakukan kunjungan industri.
Kunjungan industri diadakan agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu, siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata kerja, mesin-mesin industri yang memadai, siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagai rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung dan melihat urutan proses kerja industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. siswa dituntut aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri memberikan gambaran kepada siswa tentang proses produksi di dunia kerja. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

1.2  Tujuan
1        Memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2        Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3        Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4        Mendorong siswa mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5        Membantu siswa melaksanakan program diklat.
6        Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.
7        Sebagai sarana belajar.

1.3  Manfaat
1.3.1 Bagi Siswa :
1.      Untuk memenuhi tugas.
2.      Untuk menambah wawasan informasi serta pengetahuan.
3.      Untuk mengetahui jelas mengenai informasi dan cara mempunyai saham dalam pasar modal melalui perusahaan bursa efek.
4.      Mendapat gambaran saat bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.
1.3.2 Bagi Sekolah :
1.      Melakukan tata tertib yang tegas bagi siswa.
2.      Sekolah dapat mengajak siswa belajar langsung di lapangan.
1.3.3 Bagi Industri :
1.      Dapat berbagi ilmu dengan siswa.
2.      Memperkenalkan sejarah singkat berdirinya perusahaan kepada siswa.
3.      Memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat luas.
4.      Sebagai alat sosialisasi kepada siswa.
5.      Memperkenalkan potensi di perusahaan tersebut.




BAB II
GAMBARAN UMUM

2.1 Perkembangan/Sejarah/Profil PT. Omadata Indonesia
1.      Nama Perusahaan          : PT. Omadata Indonesia
2.      Tanggal Berdiri              : Agustus 2009
3.      Bidang Usaha                : Business Data Center Infrastructure
4.      Alamat                           : Intiland Tower 3rd floor, Jl. Panglima Sudirman 101-103 Surabaya-60271
5.      Kontak                           : +62 31 548 2700                              
6.      Keorganisasian               : Anggota dari IDC-G London
7.      Standar                          : ISO 9001:2015
2.2 Visi Misi PT. Omadata Indonesia
            2.2.1 Visi
               1. “Sebagai pioneer data center yang netral.”
2. “Membawa kesederhanaan dari masalah infrastruktur yang rumit.”
            2.2.2 Misi
“Menjadi pintu gerbang lalu lintas data internet di bagian timur Indonesia.”
2.3 Susunan Organisasi PT. Omadata Indonesia







BAB III
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

3.1 Pelaksanaan Kegiatan
            Kegiatan kunjungan industri yang dilaksanakan di PT. Omadata Indonesia pada hari Senin, 7 Januari 2019 pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Acara dilaksanakan pada salah satu ruang pertemuan di Gedung Intiland Tower, Jalan Panglima Sudirman, Surabaya. Setibanya disana kami satu rombongan bersama kelas sebelas Teknik Komputer dan Jaringan langsung menuju ruang pertemuan ditemani dengan bapak guru pendamping dan beberapa perwakilan pegawai dari PT. Omadata Indonesia.
            Pada inti acara kami disuguhkan materi presentasi tentang apa itu data center hingga profil dari PT. Omadata Indonesia. Di sela-sela presentasi juga disisipi dengan sesi tanya jawab. Para siswa pun aktif untuk bertanya dan menjawab permasalahan yang sedang dibahas. Selanjutnya rombongan kami dibagi menjadi tiga kloter untuk melakukan sesi tur. Kami diajak untuk masuk ke ruangan data center milik PT. Omadata Indonesia yang memiliki penjagaan yng sangat ketat.
            Setelah selesai melakukan tur, acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Bapak Irfan kepada perwakilan PT. Omadata Indonesia.

3.2 Hasil Kegiatan
Dari kegiatan Kunjungan Industri di PT. Omadata Indonesia yang dilaksanakan hari Senin 07 Januari 2019 kami diperkenalkan mengenai data center, infrastruktur data center, hingga alasan mengapa server dititipkan di PT. Omadata Indonesia.

Data Center yang jika diterjemahkan secara harafiah memiliki arti Pusat Penyimpanan Data. Data Center merupakan suatu ruangan yang dipergunakan sebagai penempatan server dan Jaringan Komunikasi Data dengan didukung oleh fasilitas yang memadai.
Infrastruktur di dalam data center meliputi :
1.      Raised Floor
Raised-floor berfungsi meningkatkan aliran dan pendinginan perangkat dan dengan ketinggian yang tepat akan menentukan tingkat kebisingan data center. Raised-floor juga memudahkan dan mempercepat penataan pengkabelan, baik kabel data ataupun kabel power. Semua pengkabelan diatur dan diberi label untuk kemudahan identifikasi.
2.      FM200
FM200 digunakan untuk memadamkan api, secara kimia memiliki senyawa bernama heptafluoropropane (HFC-227ea) telah digunakan di lebih dari 100.000 instalasi di 70 negara merupakan senyawa yang aman untuk manusia, perangkat dan lingkungan, dimana hanya membutuhkan minimum space untuk penyimpanan tabung gas.
3.      UPS dan Genset
Digunakan untuk menggantikan daya listrik apabila terjadi pemadaman arus listrik dari PLN.
4.      AC Presisi
AC Presisi digunakan mengatur kestabilan suhu dan kelembaban ruangan untuk memastikan perangkat yang ada di data center dalam kondisi baik dan dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga masa hidup perangkat menjadi relatif lebih lama.
5.      Rak
Digunakan untuk tempat penyipanan server. Setiap rack dilengkapi dengan kunci tersendiri dan kelengkapan pengukur suhu digital di masingmasing rack. Setiap rack terhubung dengan grounding system untuk mengamankan perangkat yang ada di dalam rak dari lonjakan listrik.
6.      Petugas Keamanan dan Teknisi Pembantu
Tersedia petugas keamanan yang menjaga dengan sangat aman tempat data center. Dan juga teknisi pembantu yang selalu tersedia selama dua puluh empat jam.





BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
PT. Omadata Indonesia merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang bisinis infrastruktur data center. PT. Omadata bertempat di Intiland Tower lantai tiga, Jalan Panglima Sudirman, Surabaya, Jawa Timur.
PT. Omadata Indonesia menyediakan infrastruktur yang lengkap untuk menitipkan server di data center miliknya. Segala fitur keamanan hingga perawatan dengan mutu terjamin yang dibuktikan dengan sertifikasi ISO dan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di International Data Center Group yang berpusat di London, Inggris.
Kenapa ada tempat penitipan server? Karena biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah data center beserta infrastrukturnya sangatlah mahal dan rumit. Oleh karena itu, bagi konsumen yan membutuhkan server dengan space sedikit lebih memilih untuk menitipkannya daripada membangun sebuah data center sendiri.

4.2  Saran
Sebaiknya tempat kunjungan industri harus sesuai dengan kompetensi keahlian siswa masing-masing. Karna menurut saya berkunjung ke data center kurang masuk dengan kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Semoga di tahun selanjutnya kunjungan industri sesuai dengan masing-masing kompetensi keahlian.





DAFTAR PUSTAKA

 Menyesuaikan



DAFTAR LAMPIRAN

Menyesuaikan


Nah, itu tadi salah satu contoh Laporan Kunjungan Industri, apabila ada kesalahan penulisan dan kosakata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Untuk kritik dan saran silahkan corat-coret di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Post a Comment

4 Comments