About Me

Daftar Universitas Terbaik di Dunia Menurut QS World University Rankings! Indonesia?

Sumber gambar : studymalaysia.com

Baru-baru ini QS World University Rankings 2018-2019 telah resmi dirilis. Dilansir dari id.wikipedia.org QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings sebelumnya dikenal sebagai THE-QS World University Rankings, bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) untuk menerbitkan tabel liga internasional dari tahun 2004-2009 sebelum keduanya mulai mengumumkan versi mereka sendiri. QS kemudian memilih untuk tetap menggunakan metodologi yang sudah ada sementara THE mengadopsi yang baru. Sistem QS sekarang terdiri dari keseluruhan dan juga terdiri dari subjek peringkat global, bersama lima regional independen (Asia, Amerika Latin, Eropa dan Asia Tengah, Wilayah Arab, dan BRICS). Ini adalah satu-satunya peringkat internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG), dan dari jenis yang dipandang sebagai salah satu yang paling banyak dibaca, bersama dengan Academic Ranking of World Universities and Times Higher Education World University Rankings.

Hasil dari peringkat tersebut menempatkan MIT, Stanford, Harvard, Caltech, dan Oxford di lima besar dunia secara berurutan. Sebagai warga Asia Tenggara kita patut untuk sedikit bangga, karena ada wakil dari Negara Tetangga, yaitu Singapura yang universitasnya masuk di peringkat sebelas dunia, yaituNational University of Singapore. Hal ini sangat jauh lebih baik dibandingkan universitas terbaik di Indonesia saat ini(menurut QS World University Rankings) yaitu Universitas Indonesia yang hanya menempati posisi 292 dunia.

5 besar universitas terbaik di Dunia menurut QS World University Rankings
Sumber gambar: www.topuniversities.com
Sementara di kawasan Asia 5 besar universitas terbaik posisi 1 dan 2 diborong oleh dua Universitas Singapura, National University of Singapore dan Nanyang Technological University Singapore. Sementara diposisi 3,4,5 secara berurutan ditempati oleh Tsinghua University asal China, The University of Tokyo asal Jepang, dan Peking University asal China. Di kawasan Asia Tenggara sekalipun Universitas Indonesia masih kalah dengan Universitas dari Malaysia.

5 besar universitas terbaik di Asia menurut QS World University Rankings
Sumber gambar: www.topuniversities.com
Nah, sekian postingan saya kali ini semoga postingan kali ini bisa membuka mata kita semua. Khsusnya orang yang berkepentingan di bidangnya agar bisa mengevaluasi. Bahwa di kancah internasional kita masih belum bisa berbicara banyak di bidang pendidikan. Saya yakin pendidikan kita sedang merangkak naik. Pemerintah pun sudah berusaha sekuat tenaga, nah sekarang apa yang bisa kita lakukan? Sebagai seorang pelajar misalnya kita bisa melakukan hal-hal kecil untuk membantu pendidikan Indonesia maju seperti rajin belajar dan jangan bolos pelajaran :).

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca apabila ada kekurangan, kritik, dan saran mohon ditulis di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Post a Comment

0 Comments