About Me

Bagus Mana Sih? SMA atau SMK? Simak Penjelasannya!

Illustrasi orang yang sedang kebingungan
Sumber gambar: bogor.net
Awal tahun mendekati masa-masa ujian nasional baik bagi kelas 6, 9, maupun 12. Para siswa pun sudah mulai mencari-cari sekolah/universitas mana yang akan mereka pilih untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah, kali ini saya akan membantu kalian yang sedang kelas 9, pasti kalian bingung mau melanjutkan kemana? SMA atau SMK? Pada artikel saya kali ini saya akan sebisa mungkin menjelaskan kepada kalian seperti apa sih SMA? Seperti apa sih SMK? Jangan cuma karena katanya-katanya tapi nggak ada benernya. Jadi, pastikan kalian membaca artkel ini sampai selesai.

Baca Juga:  Kuliah Gratis, Lulus Langsung Jadi PNS! Mau?

Sebelumnya, saya adalah seorang siswa SMK, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Sewaktu SMP pun saya masih bingung mau melanjutkan ke SMA? atau SMK? Setelah pikir pikir pikir pikir pikir, nah, jadilah saya saat ini seorang siswa SMK. Kenapa pilih SMK? alasannya sebenernya sangat sederhana, karena saya suka komputer dan saya ini benci IPA. Kedua orang tua saya sempat mendorong saya untuk masuk SMA. Tapi, dengan penuh keyakinan akhirnya saya mantap masuk SMK. Meski, awalnya sempat ragu tapi bismillah saya jalani saja :v.

Bagus mana sih? SMA atau SMK?

Jawaban saya TERGANTUNG, kok tergantung? Iya, tergantung diri kalian sendiri. Mana yang menurut kalian baik dan mana yang lebih kalian suka. Saran saya, jangan pilih sekolah hanya karena ikut-ikutan teman atau dipaksa orang tua. Sebisa mungkin pilih sekolah yang sesuai dengan kemantapan hati kalian masing-masing.

Kriteria Orang Yang Cocok Masuk SMA?

Dari sudut pandang seorang siswa SMK, menurut saya orang yang cocok masuk SMA adalah orang yang sangat menyukai mapel utama seperti (MTK, IPA, IPS, BAHASA) dan sudah mempunyai rencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus SMA.

Kriteria Orang Yang Cocok Masuk SMK?

Nah, kalau menurut pengalaman saya setelah saya mengamati teman-teman saya yang masuk SMK, orang yang menurut saya cocok masuk SMK adalah orang yang sudah mempunyai pandangan jauh ke depan mau terjun di bidang apa. Karena saat kita memilih SMK kita harus memilih jurusan yang akan kita ambil. Seperti saya misalnya, saya suka dunia IT, jadi saya masuk ke jurusan RPL. Saran saya jika kalian masuk SMK pastikan urusan yang kalian pilih benar-benar sesuai dengan hobi dan keahlian kalian. Jangan sampai kalian salah jurusan lalu mengeluh terus menerus ditengah perjalanan. Sangat disayangkan waktu dan biaya yang telah kalian keluarkan.

Yang kedua, orang yang menurut saya cocok masuk SMK adalah orang yang belum tahu mau melanjutkan ke perguruan tinggi setelah bekerja? atau langsung bekerja? nah, inilah keuntungan masuk SMK, apabila kalian langsung ingin bekerja saja karena sudah jenuh dengan materi pelajaran(mungkin :v) kalian sudah memiliki skill yang cukup untuk langsung terun di dunia kerja.

Nah, jadi gimana? Sudah menentukan pilihan? Atau masih bingung? Silahkan yang masih bingung bisa langsung saja corat-coret di kolom komentar. Terima kasih sudah embaca artikel saya kali ini sempga setelah membacannya kalian jadi semakin mantap untuk melanjutkan ke sekolah yang kalian cita-citakan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

0 Comments